Sunday 14 April 2013

TÜRKÇE OLİMPİYATLARI Pemersatu Bangsa-Bangsa Di Dunia


Sragen-TÜRKÇE OLİMPİYATLARI adalah sebuah kompetisi olimpiade bahasa Turki yang telah diadakan di lebih dari 150 negara yang memiliki perbedaan agama, ras, budaya dan suku yang jauh satu sama lain. Akan tetapi, mereka di TÜRKÇE OLİMPİYATLARI bersatu maupun yang agamanya Islam, Kristen, Budha, Hindu atau agama yang lainnya. TÜRKÇE OLİMPİYATLARI ini memiliki tujuan yang sangat mulia yaitu menyatukan seluruh bangsa di dunia agar kedamaian tercipta dari hati ke hati. Bisa kita bayangkan apabila seluruh bangsa yang berbeda ras, agama, budaya dan suku di dunia saling berpegangan tangan, maka di dunia ini tidak akan ada perselisihan diantara umat manusia. Olimpiade bahasa Turki ini pun telah berjalan selama 11 tahun, sehingga acara ini pun selalu berjalan dengan lancar dan sukses dalam setiap penyelenggaraannya.
TÜRKÇE OLİMPİYATLARI pada awalnya adalah suatu event yang memberikan penghargaan kepada peserta didik terbaik di Turki pada tahun 2002. Dan untuk pertama kalinya pada tahun 2003 dibawah nama TÜRKÇE OLİMPİYATLARI menjadi sebuah ajangperhelatan internasional yang diikuti oleh banyak negara di seluruh belahan dunia. TÜRKÇE OLİMPİYATLARI ini telah berubah menjadi salah satu ajang olimpiade terbesar di dunia.
                Di Indonesia olimpiade bahasa Turki ini telah dilaksanakan dari tahun 2002 hingga sekarang yang telah diikuti oleh sekolah-sekolah mitra pasiad yaitu Kesatuan Bangsa BBS, Sragen BBS, Kharisma Bangsa, Pribadi Bandung, Pribadi Depok, Semesta Semarang, Banua BBS, Fatih Boy’s School dan Fatih Girl’s School di Aceh. Sekolah-sekolah mitra pasiad ini akan berkompetisi untuk memperebutkan juara pada final TÜRKÇE OLİMPİYATLARI di Jakarta. Pada Olimpiade Bahasa Turki ini sekolah-sekolah mitra pasiad memperebutkan juara pada beberapa kategori yaitu ŞARKI (lagu), ŞİİR (puisi), KONUŞMA (bercakap-cakap), HALK OYUNLARI (tarian), KISA FILM (film pendek), ÖZEL YETENEK (keterampilan mandiri) dan ANA DİLİ (bahasa ibu). Sebelum mereka bersaing pada final di Jakarta mereka akan diseleksi oleh sekolah mitra pasiad dan akan diambil juara 1 untuk maju ke final di Jakarta.Setelah itu mereka akan menghadapi tes tertulis, wawancara dan performa sehingga akan diambil yang terbaik dari setiap kategori untuk maju mewakili Indonesia di ajang TÜRKÇE OLİMPİYATLARI internasional di Turki.
Di Turki, wakil-wakil bangsa di dunia akan bersaing untuk menjadi yang terbaik dengan menjalani beberapa seleksi di beberapa kota di Turki seperti Ankara, Samsun, Adana dan Istanbul. Bagi para perwakilan Indonesia inilah kesempatan yang baik untuk mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Para perwakilan dari Indonesia ini sangat antusias dalam mengikuti Olimpiade ini sehingga banyak orang-orang Turki yang lebih menyukai penampilan-penampilan dari Indonesia bahkan ketika di Samsun ada seorang warga Turki yang berkata ”Berilah saya kesempatan dalam satu minggu untuk pergi bersama mereka sehingga saya bisa melihat penampilan-penampilan mereka lagi”. Inilah salah satu bukti nyata bahwa bangsa Indonesia telah berhasil membawa putra-putri bangsa yang memiliki talenta tinggi ke ajang TÜRKÇE OLİMPİYATLARI. Ini adalah salah satu prestasi tersendiri bagi bangsa Indonesia sehingga dapat menjadi contoh bagi remaja-remaja Indonesia untuk dapat meraih prestasi di ajang olimpiade nasional maupun internasional.
Sekolah-sekolah Turki yang didirikan di seluruh belahan dunia ini membuat persaudaraan Turki dan negara-negara lain menjadi lebih kuat seperti yang terjadi di Indonesia, orang-orang Turki dipandang baik karena banyak memberi bantuan kepada rakyat Indonesia melalui organisasi Pasiad seperti kurban, bantuan musibah Tsunami di Aceh dan Gempa Bumi di Jogja. Maka dari itu, Turki menyelenggarakan TÜRKÇE OLİMPİYATLARI untuk memperkuat persaudaraan bangsa-bangsa di dunia. Ini akan menjadikan kita lebih nyaman dan tenang untuk hidup. Bahkan di sekolah Turki diajarkan untuk menghargai satu sama lain dan menjadi seorang Hizmet (pelayan) dengan kata lain menjadi pelayan bagi Tuhan. Maksudnya, cara untuk mendekatkan diri kita kepada sang pencipta alam semesta ini.
Pada ajang TÜRKÇE OLİMPİYATLARI kita dapat melihat berbagai kebudayaan dari seluruh dunia misalnya dari Afrika, Cina, Eropa dan Arab ini merupakan suatu hal yang luar biasa bagi manusia karena kita bisa melihat kebudayaan orang kulit hitam dan orang kulit putih di satu negara. Kita bisa berkenalan dengan bangsa-bangsa lain yang membuat kita akan merasa bahwa kita semua ini saudara. Di Turki pun kita bisa melihat mahakarya sebuah kerajaan Turki Usmani yang memiliki kekuasaan di Asia, Eropa dan Afrika seperti bangunan-bangunan yang megah berdiri di Istanbul, sebuah bekas gereja dan masjid yang sekarang menjadi museum yaitu Hagia Sofia dan sebuah masjid yang berdiri didepan Hagia Sofia yaitu Blue Mosque (masjid biru) yang melengkapi indahnya kota bersejarah Istanbul ditambah dengan bunga-bunga Tulip yang bermekaran dan Istana TOPKAPI dengan gaya arsitektur yang menawan dan luar biasa. TÜRKÇE OLİMPİYATLARI ini juga mendapatkan perhatian dari pemerintahan Turki sendiri. Bahkan Perdana Mentri Turki yaitu Reccep Tayyip Erdogan juga ikut menyaksikan perhelatan Olimpiade Bahasa Turki ini secara langsung di TT arena, salah satu stadion tim sepakbola ternama Turki yaitu Galatasaray.
TÜRKÇE OLİMPİYATLARI ini diharapkan bisa membawa siswa-siswa di seluruh dunia agar bisa berbahasa Turki dengan baik sehingga bahasa ini bisa berguna bagi seluruh dunia. Bahkan ada suatu peribahasa yang mengatakan jika ingin menguasai suatu bangsa maka kuasailah bahasa dan budayanya. Dalam hal ini bukan bermaksud untuk menjajah tapi agar kita bisa membantu satu sama lain dan tidak bersifat acuh tak acuh terhadap orang lain sehingga kita semua akan merasa dihargai juga.
            Semoga di TÜRKÇE OLİMPİYATLARI yang ke 11 ini seluruh bangsa di dunia bisa lebih mengenal sehingga tidak akan terjadi suatu hal yang bisa mengobarkan perang antar umat manusia. Lebih dari 150 negara akan bersaing di kompetisi ini termasuk Indonesia akan mengirimkan wakil-wakil terbaiknya ke Turki sehingga mereka bisa mengulangi sejarah bangsa Indonesia untuk memenangi kejuaraan ini sekaligus mengharumkan nama bangsa. Sukses buat wakil-wakil Indonesia Insya Allah mereka akan berangkat ke Turki tanggal 17 Mei. Buatlah bangsa ini bangga atas prestasi yang akan kau raih wahai putra-putri bangsa.


Foto-Foto Olimpiade Bahasa Turki









2 komentar:

  1. kereeen deh.. semoga nanti Angsa Dua Indonesian premium handicraft bisa ikut memeriahkan acara persahabatan antar bangsa bangsa ini ya :)

    ReplyDelete
  2. Amin ya hehe semoga bisa !!! ;)

    ReplyDelete