Thursday 2 January 2014

Generasi Pemuda Sosok Pemimpin Masa Depan - Aufan Lisan Shidqi



Pemuda sejak dahulu telah diramalkan menjadi penerus bangsa-bangsa di dunia dan akan menjadi sosok yang hebat maupun lemah di mata dunia. Pemuda ibarat raksasa yang akan mencengkram dunia dan menentukan nasib dunia hancur atau bertambah megah seperti Istana Zeus tempat tinggal para Dewa Yunani. Pemuda akan memperjuangkan semua kepentingannya untuk mencapai titik keberhasilan dan kesempurnaan yang mereka impikan. Pemuda memiliki peran yang sangat hebat dan kuat bagi suatu negara ketika merebut kemerdekaan dari para penjajah yang semena-mena menginjak rakyat pribumi dan membangun bangsa menjadi macan yang siap menerkam musuh-musuh negara. Pernyataan yang sangat terkenal dari Presiden Indonesia Ir. Soekarno “Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia”. Ini menunjukkan kekuatan pemuda yang sangat hebat untuk merubah suatu kebijakan atau ideologi suatu negara seperti nasionalis, komunis, liberalis maupun yang lainnya.
       Kalau kita tengok lagi zaman sekarang kata orang-orang kebanyakan anak muda akan mengikuti cara ayah dan ibunya hidup mulai dari cara makan, tidur, kerja, cara mendapatkan uang dan sebagainya. Bayangkan saja jika semua yang dilakukan orang tua anak muda tersebut dengan cara yang tidak halal dan melawan hukum misalnya korupsi, penipuan, pembunuhan, dan perampokan pasti anak muda tersebut akan meniru perilaku orang tuanya yang tidak baik sehingga pemuda yang sebenarnya diharapkan mampu menjadi penerus bangsa malah menjadi sampah masyarakat dan otomatis meredupkan masa depan pemuda tersebut. Para pemuda yang tidak konsisten pada perkataan mereka sendiri yang kita tahu suara mereka ketika menuntut demokrasi dan keadilan pada waktu demonstrasi menggelegar ibarat petir yang siap menyambar siapapun yang menghadangnya akan tetapi ketika mereka telah menjadi pejabat kebanyakan dari mereka juga melakukan hal yang sama seperti penggelapan uang rakyat atau yang kita kenal dengan korupsi. Keseimbangan dan kerjasama sangat dibutuhkan antara pihak yang sudah berpengalaman dan para pemuda agar bisa mencapai kesempurnaan yang hakiki. Kalau kita lihat sekarang banyak negara yang terpuruk atau bisa di sebut “negara yang hancur” di dunia. Ini terbukti ketika banyak kecurangan dianggap biasa, pembunuhan dilegalkan, free sex  dibenarkan yang membuat kaum muda terjerumus pada jurang kegelapan yang mengancam masa depan mereka. Maka dari itu bukan hanya pendidikan formal yang dibutuhkan kaum muda melainkan pendidikan karakter atau yang kita kenal dengan pendidikan “akhlak” karena kedua pendidikan ini saling melengkapi satu sama lain. Banyak pemuda yang telah terjerumus pada narkoba, minuman keras ataupun freesex. Ini disebabkan para pemuda belum bisa memilah sesuatu yang baik dan buruk dimulai dari hal-hal kecil yang jelek seperti menonton video porno ataupun mabuk. Karena kita tahu seorang pemabuk bisa memperkosa, membunuh, dan mencuri. Maka dari itu generasi muda harus memiliki tekad yang tinggi dengan mengadakan penyuluhan di sekolah-sekolah. Hal ini akan membuat mereka akan lebih sadar banyak hal disekitar mereka sehingga mereka akan berusaha menghindari hal-hal buruk tersebut. Bayangakan saja kalau kita mempunyai banyak pemuda jahat pasti negara itu akan mengalami konflik yang hebat seperti yang terjadi di Mexico perang antar geng sudah sering kita dengar. Bahkan hal ini tidak bisa diatasi pihak keamanan setempat. Maka dari itu kita harus mewujudkan generasi muda yang bersih dan jujur sehingga negera ini menjadi negara yang tidak harus mempermasalahkan anak muda dan bisa fokus pada masalah-masalah lain.
Menghadapi era globalisasi yang persaingannya jelas sangat ketat pemuda tidak boleh bermalas-malasan dalam hal apapun. Sudah banyak bukti negara yang melebihkan waktunya untuk membaca buku, bekerja, belajar akan menjadi negara besar yang disegani banyak negara di dunia. Kita bisa ambil contoh dari bangsa Jepang yang memiliki etos kerja luar biasa sehingga ekonomi mereka sejajar dengan negara-negara maju di Eropa dan Amerika. Bahkan menurut mereka yang paling cepat pulang dari bekerja dianggap orang yang tidak memiliki produktifitas tinggi sehingga mengakibatkan kemaluan diantara rakyat Jepang kalau mereka pulang lebih cepat dan hal inilah yang membuat mereka disegani dunia. Kita harus mengambil contoh dari orang-orang yang melebihi kemampuan kita bukan mengambil contoh dari orang yang kemampuannya lebih rendah dari kita karena hal ini akan semakin memotivasi kita untuk mengalahkan orang tersebut bukan kita menunggu orang yang akan mengalahkan kita. Karena sekarang bukan kuantitas saja yang dibutuhkan tapi juga kualitas sangat diprioritaskan.     
Suatu negara sangat membutuhkan sosok pemuda yang bisa mengakselerasi kekayaan ilmu maupun materi sehingga menghantarkan negara tersebut pada keberhasilan yang tidak pernah terduga. Usaha untuk menaklukan dunia baik dari sisi ekonomi, politik maupun dunia harus menjadi target setiap generasi muda agar bisa terus menahkodai jalannya pemerintahan yang akan mereka tempati. Kita tahu benar banyak persoalan yang sedang melanda banyak negara sehingga hal yang benar ditunggu-tunggu dari para pemuda adalah kesanggupan mereka untuk menyelesaikan masalah tersebut. Adapun tantangan yang mereka lihat harus mereka jadikan suatu peluang untuk memperbaiki sistem yang telah rusak sehingga akan menimbulkan ketenangan dan kenyamanan pada semua kalangan baik itu pejabat maupun rakyat. Mungkin kita pernah mendengarkan puisi dari Taufiq Ismail yang berjudul Takut 66, Takut 98:
         
 Takut 66, Takut 98
Mahasiswa takut pada dosen
Dosen takut pada dekan
Dekan takut pada rektor
Rektor takut pada menteri
Menteri takut pada presiden
Presiden takut pada mahasiswa
1998

Puisi ini menggambarkan realita kehidupan berbangsa dan bertanah air. Banyak hal yang unik terjadi sehingga membuat berbagai kalangan masyarakat termasuk para pemuda yang dibuat tercengang  oleh fakta mengejutkan ini. Para pemuda bisa menggulingkan suatu pemerintahan dengan kekompakan dan kerjasama bahu-membahu seperti pada reformasi 1998 untuk menggulingkan rezim diktator Soeharto yang telah berlangsung selama 32 tahun dan akhirnya mengundurkan diri dari jabatan presiden pada tanggal 21 Mei 1998 karena desakan banyak pihak termasuk Mantan Perdana Menteri (PM) Australia Paul Keating setelah Soeharto menandatangani paket pinjaman finansial dari Badan Moneter Internasional (IMF) bahkan Gedung MPR yang dijaga ketat oleh keamanan pun telah ditembus mahasiswa dari berbagai daerah  sehingga mereka dapat menguasai Gedung MPR sepenuhnya.
      Pemuda di satu sisi memang harus bisa membela negara tetapi keahlian pada banyak bidang harus ditekankan karena banyak orang yang membutuhkan pemuda yang multitalent sehingga untuk mewujudkan masa depan yang cerah pemuda dituntut untuk bisa melihat bakatnya. Karena kita tahu suatu hal yang tidak diberikan pada ahlinya akan menuju kehancuran yang nyata. Para pemuda juga dituntut agar bisa memiliki mimpi yang tinggi dan sesuai dengan keinginannya karena Tuhan akan memegang erat mimpi itu serta akan menjadikan mimpi itu nyata jikalau pemuda itu berjuang sekuat tenaga untuk mewujudkannya. Pemuda harus bisa belajar dari kegagalan yang dilakukan para pendahulunya karena kegagalan yang lalu menjadi kenangan pahit sehingga pemuda harus bisa menyukseskan kegagalan atau kiranya kegagalan adalah bumbu kesuksesan yang tertunda. Berani mencoba adalah suatu hal yang wajib dipraktekan oleh generasi muda menjawab tantangan di masa depan kita bisa ambil contoh seperti Thomas Alva Edison penemu lampu pijar dan Alexander Graham Bell penemu telefon mereka tidak mencoba sama sekali tapi ratusan kali bahkan sampai ribuan kali. Semangat pemuda harus menggelora atau dengan kata lain tidak boleh redup seperti Sumpah Pemuda 1928 karena pantang menyerah dan tidak putus asa akan membawa para pemuda di masa yang sangat gemilang dimana pemuda akan menghilangkan budaya korupsi dan hal-hal yang tidak pantas untuk dilakukan pejabat negara maupun swasta. Dengan kejujuran pemuda akan merasa aman, nyaman dan tentram hati maupun dirinya. Semua yang diawali dengan kebaikan pasti akan menghasilkan hal yang lebih baik.
       Terkadang memang manusia melakukan banyak kesalahan karena memang manusia selalu ada kekurangan sehingga para pemuda jangan menganggap kekurangan itu sebagai kecacatan tapi anggaplah sebagai motivasi untuk menjadi lebih baik. Tidak boleh menganggap seseorang itu lebih jelek dari kita karena yang lebih tahu lebih baik atau tidaknya adalah Tuhan YME. Generasi muda yang bisa menjawab tantangan masa depan adalah generasi muda yang menjadi diri mereka sendiri bukan memamerkan kekayaan atau jabatan orang tuanya akan tetapi generasi muda yang menjadi diri mereka sendiri dengan segala kekurangannya sehingga bisa membuat perkembangan atas kekurangannya. Mulai dari sekarang kita para pemuda harus berbenah diri jangan cepat menyalahkan orang lain kalau diri kita masih penuh dengan kesalahan. Koreksi diri sendiri sangat diperlukan untuk menyempurnakan sesuatu yang kita impikan. Karena Tuhan YME tidak akan merubah suatu kaum kecuali mereka merubahnya sendiri oleh karena itu perubahan atau revolusi harus dilakukan untuk mencapai kehidupan yang lebih baik.
   Wahai Generasi Muda !!!!! bangsa ini membutuhkan sosok yang bijak dan bertanggung jawab untuk masa depan yang cerah agar menjadi macan bagi setiap musuh dan menjadi makhluk yang lembut agar setiap orang mencintaimu. Maju!!! Serbu!!! Teruskan perjuangan pahlawan bangsa yang telah mengorbankan jiwa raganya untuk negara. Lihatlah semut-semut yang gagah perkasa karena kekompakan mereka mengalahkan ular-ular berbisa contohlah kekompakan mereka karena hal yang kecil dapat menjadi hal yang besar jika diwujudkan dengan niat dan usaha. Renungkanlah juga banyak orang-orang merintih kelaparan, tersungkur karena keserakahan seorang penguasa yang tak peduli akan penderitaan rakyat kecil ini. Siapa yang akan merubahnya??? Siapa?? Siapa lagi kalau bukan generasi muda yang memiliki tekad dan pendirian untuk mensejahterakan rakyat bukan seperti peribahasa “Yang melarat tambah melarat, yang kaya makin kaya” akan tetapi keseimbangan kehidupan kalau Pak Dino Patti Djalal bilang “Di abad-21 Indonesia harus menjadi demokrasi kelas menegah yang bisa angkat jutaan wong cilik jadi wong sugih”. Mari kawan muda kita harus saling bahu-membahu untuk mewujudkan negara yang hebat, makmur, sejahtera bak bahtera yang akan menuju surga yang kekal abadi!!!. Satukan tekad untuk negara yang lebih baik, Indonesia Jaya !!!!!!!!!!  

Identitas Penulis
Nama: Aufan Lisan Shidqi
Alamat: Jalan Nurcahya 06, Petengan, Demak, Jawa Tengah
No Hp/Telp: +6282135124482/(0291)681018
Kategori: 2 (Pelajar tingkat SLTP dan SLTA)      


Baca juga:Sosok Dino Patti Djalal dan Gagasan Hebatnya



105 komentar:

  1. Good article,
    Saran saya, butuh sedikikt penataan gambar, kalau perlu ditambahin, biar visualisasinya bagus + enak dibaca dan dipahami :)

    ReplyDelete
  2. Thanks you banged lho mas atas sarannya semoga bermanfaat :) :) :)

    ReplyDelete
  3. Thanks yak semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  4. bagus,,cuma mungkin itu advertisement nya agak piyee gtu,mosok articel beginian disampingnya iklan pembesar p*nis

    ReplyDelete
  5. super sekali teman saya yang satu ini!
    ngomong-ngomong, saya setuju dengan komentar yang di atas ane!

    ReplyDelete
  6. Oh ya terima kasih atas sarannya akan saya pertimbangkan semoga bermanfaat ya

    ReplyDelete
  7. Artikelnya wah luar biasa bagusnya!!!!!!!

    ReplyDelete
  8. Terima kasih atas apresiasinya ya semoga bermanfaat ;)

    ReplyDelete
  9. Wah sungguh luaaaaarrrrr biasa tulisannya !!!!!!!!!!!! Good Job

    ReplyDelete
  10. Wah terima kasih sekali semoga bisa bermanfaat bagi semua kalangan !!!!!!!!!

    ReplyDelete
  11. I really appreciate your writing man. As the next generation we must play a good role in the future. Keep spirit and keep writing. Success for you !!!

    ReplyDelete
  12. thank you very much for your comment i hope we can be the best young man forever !!!! ;) Mr Bintang Thanks you

    ReplyDelete
  13. Mantap gaaaan, very inspiring :3

    ReplyDelete
  14. thank you bro i hope we can improve ability to get our drem thanks for your appreciate !!!!!!!!! ;)

    ReplyDelete
  15. thank ya i hope we can do the best for our country and religion !!!!! Thanks mr Bagas ;)

    ReplyDelete
  16. Bagus, cuman rada kepanjangan (emang harusnya gitu kali ya hehe), sama hmm bahasanya menurutku menarik di depan tapi agak bosen lama kelamaan. Mungkin kalo kamu kasih contoh efek buruk dari beberapa hal yg umum banget dimunculin (kayak meme nya 9gag ato sejenis yg suka nge-post ato nge-tweet kalo sekolah tu membosankan, kamu "bodoh" tu wajar soalnya kita masih muda dan waktunya main2 bukan belajar) bakalan lebih mengena dan jadi renungan anak muda. Tapi overall bagus (y)

    ReplyDelete
  17. thanks ya atas apresiasi, saran dan kritiknya semoga bisa bermanfaat untuk banyak orang thanks mr Akhsan ;) !!!!!!!!!

    ReplyDelete
  18. buat saya artikel nya bermanfaat buat penjabaran dari tugas yang diberikan guru saya, sekali lagi thanks.... artikelnya ngebantu banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih telah berkunjung semoga bermanfaat thanks ya Salam Pemuda Hebat!!!!

      Delete
  19. Pemuda harapan bangsa...tugas utamanya dalam mengisi kemerdekaan adalah belajar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju semoga negara ini dengan pemuda intelektualnya bisa maju dan bersaing dengan negara hebat lainnya Bravoo Pemuda thanks ya

      Delete
  20. Wah sangat inspirasi, mari kita benahi diri masing masing untuk memajukan negara kita ini :)

    ReplyDelete
  21. wah setuju banged dengan saudara falahy maju terus pemuda Indonesia satukan tekad untuk Indonesia Jaya !!!!!!!!

    ReplyDelete
  22. awesome.moga menginspirasi para pemuda/i indonesia

    ReplyDelete
  23. Terima kasih atas apresiasinya semoga bisa menginspirasi seluruh pemuda Indonesia terima kasih saudari Zahra ;)

    ReplyDelete
  24. suangar lee..
    pencerahan nih ;)

    ReplyDelete
  25. terima kasih abang fardan atas apresiasinya semoga bisa mencerahkan para pemuda terima kasih atas kunjungannya bang !!!

    ReplyDelete
  26. bagus gan. inspirasional banget. kita harus tingkatkan semangat juang, kecerdesan dan intelektualitas pemuda Indonesia!

    ReplyDelete
  27. thanks bro keep our spirit and never give up !!!! terima kasih atas apresiasi dan kunjungannya bravo my friend ;)

    ReplyDelete
  28. Artikelnya sangat menginspirasi :)

    ReplyDelete
  29. terima kasih atas apresiasinya semoga tambah bermanfaat ya ;) thanks ya for visiting my web ;)

    ReplyDelete
  30. thaks ya mas bro terima kasih atas kunjunganyya semoga bisa bermanfaat bagi banyak orang thaks:)

    ReplyDelete
  31. it's amazing article.
    penulisannya setiap katanya gampang di pahami.. :).
    bagi-bagi ilmu nya yo bro!! hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas apresiasinya semoga koita memang bisa jadi Generasi Muda Sosok Pemimpin Masa Depan !!!!! Terima kasih atas kunjungannya Mr Zuhal

      Delete
  32. Thanks atas apresiasinya semoga memang bermanfaat bagi Generasi Muda Masa Kini dan Masa Depan terima kasih atas kunjungannya Mr.X !!!!! Salam Pemuda Bangsa

    ReplyDelete
  33. Over all it's a nice article.
    Hope you can improve the grammar (penyusunan kalimat) and vocabs, so i think it will be more interest for the readers..

    ReplyDelete
  34. Thanks for your comment i hope i can improve my skill to wrute article thanks hope we we can make proud our country thanks for visiting my web :)

    ReplyDelete
  35. Judulnya bagus sekali lgsg bs menarik org" untk membaca...
    tp kepanjangan dan kalimatnya agak membosankan..lbh baik mgkn membahas mslh pemuda yg menjd issue terhangat akhr" ini
    tp pd dsrnya tulisannya sgt menginspirasi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima Kasih ya Saudari Fatimah Az Zahra Semoga kedepannya bisa menjadi koreksi saya dalam menulis artikel selanjutnya Terima Kasih Telah Berkunjung ke blog saya !!! Salam Pemuda Hebat

      Delete
  36. So far so good,,,
    Masukan aja nih, lain kali bisa dikupas lebih dalam tentang kaitan antara ilmu agama dan generasi penerus bangsa (pemuda), karena agama dan iman yang kuat adalah unsur pokok yang WAJIB dimiliki seorang pemuda agar ia tidak melakukan hal" buruk seiring dengan masuknya budaya luar yang negatif

    Good enough, im waiting for ur next post :)

    ReplyDelete
  37. Terima Kasih atas apresiainya saudara Adiatma semoga kita bisa meneruskan perjuangan pahlawan-pahlawan kita Insya Allah akan saya tulis artikel rekomendasi anda Thanks :)

    ReplyDelete
  38. Thanks ya Mas Agih semoga bermanfaat terima kasih atas kunjungannya :)

    ReplyDelete
  39. Thanks ya atas apresiasinya semoga bisa membawa kita menjadikan kita pemuda dengan semangat juang 45 :)

    ReplyDelete
  40. Thanks ya. Semoga menjadikan pemuda pemuda indonesia menjadi pemuda yang hebat !!!!!

    ReplyDelete
  41. terus nulis dik, Indonesia perlu banyak generasi penulis, tmbah pengalaman, jangan putus asa tambah kreatif ya.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima Kasih atas dukungannya bro dan juga apresiasinya ;) Be The Best Man

      Delete
  42. Thanks ya semoga bisa bermanfaat untuk nusa dan bangsa. Dan tentunya akan memotivasi setiap pemuda Indonesia. Thanks ya atas kunjungan dan apresiasinya :)

    ReplyDelete
  43. Artikelnya luar biasa bagus dan sangat menginspirasi tapi kepanjangan jadi membosankan karna gak ada visualisasi atau tambahan lainnya...
    Semoga kritik dan sarannya bermanfaat :)

    ReplyDelete
  44. Terima kasih atas segala apresiasi, kritik dan saran. Semoga bisa membangun jiwa menulis saya ;) Go and fight for freedom

    ReplyDelete
  45. luar biasa fan, wawasan ini bermanfaat sekali buat publik

    ReplyDelete
  46. terima kasih semoga bisa membantu banyak pemuda agar bisa melihat potensi besar mereka terima kasih bang Yasin :)

    ReplyDelete
  47. Semoga bisa bermanfaat buat saya dan keluarga. Aminn...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin Semoga bisa bermanfaat bagi seluruh rakyat di dunia!!! Terima Kasih Pak Freedom Atas Kunjungannya

      Delete
  48. Replies
    1. Thanks atas apresiasinya Salam Pemuda Hebat Bang Hesham :)

      Delete
  49. Terimakasih atas ilmunya.....semoga bermanfaat bagi para generasi muda mendatang.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks Ya Mas Afin semoga bisa memberikan banyak manfaat. terima Kasih Atas kunjungannya :)

      Delete
  50. Thanks Ya atas apresiasinya semoga bermanfaat bagi dita Salam Pemuda :)

    ReplyDelete
  51. Sip Fan, apik :) lanjutkan! Semangat!! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks ya atas apresiasinya semoga bisa membuat para pemuda sadar akan masa depannya :)

      Delete
  52. Replies
    1. Thanks telah berkunjung ke blog saya semoga tulisan ini bisa membuat kita menjadi pemuda yang tangguh :)

      Delete
  53. Replies
    1. Thanks Bang Hani Semoga Bisa terus menginspirasi pemuda-pemuda kita :)

      Delete
  54. artikelnya sip jossss banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks bang Hanan semoga bisa menjadi acuan para pemuda Indonesia. Indonesia Bisa !!! ;)

      Delete
  55. Replies
    1. Terima kasih atas apresiasinya semoga bermanfaat bro !!!

      Delete
  56. keren. saranku dimasukin juga prestasi pemuda indonesia yang di internasional terutama dalam bidang saintek. soalnya dewasa ini lagi ketat-ketatnya persaingan iptek.
    cool. moga sukses nih artikel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks atas apresiasinya dan sarannya semoga bermanfaat bagi seluruh pemuda-pemuda di dunia. Mari kita kobarkan semangat pancasila sehingga kita bisa menjadi juara inrnasional saintek maupun ilmu sosial. Salam pemuda mas Dheo!!!!!

      Delete
  57. Replies
    1. Sama-sama mas bro. Semoga bisa menginspirasi pemuda lainnya mas bro. Thanks atas kunjungannya.

      Delete
  58. Bagus artikelnya fan, menginspirasi banget. Semoga generasi pemuda di masa yang datang jadi terinspirasi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih bang Ivan atas apresiasinya semoga menjadikan pemuda Indonesia kuat serta hebat dalam hal apapun :)

      Delete
  59. GOOD JOB~ kesan optimisme terhadap pemuda jaman sekarang memang terlihat sangat menonjol, walaupun fakta yang ada sekarang masih banyak pemuda2 yang gagap pendidikan,, tapi perubahan memang diawali dari diri sendiri :)
    inspirasi yang bagus buat kawula muda nih~ :)

    PS. tatanan blognya dirapiin lagi ya~~^^v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kak Riana atas apresiasi yang telah diberikan semoga pemuda jaman sekarang bisa merubah segala kejelekan menjadi kebaikan sehingga tidak akan ada konflik diantara kawula muda kak. Amin.

      Delete
  60. keren! bacaan super gaul buat anak muda~

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks ya mas bro moga bisa menginspirasi ya salam pemuda hebat :)

      Delete
  61. Wah artikelnya luar biasaa!!!..... Semoga berguna bagi Nusa dan Bangsa Broo.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin bang Dika semoga bisa berguna Nusa dan Bangsa. Berjuang dan tak kenal lelah mari kita kobarkan :)

      Delete
  62. Waw, sebuah artikel yang sangat menginsipirasi...semoga para pemuda bisa sadar ya bro!

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks mas bro kita bersama harus tersadar dari keadaan kacau sehingga kita bisa membenahi muai dari diri kita hingga suatu bangsa !!!! :)

      Delete
  63. .artikelnya bagus de, menariik untuk d baca pembahasannya bagus dan inspiratif cumaa kepanjangan jdi rada bosen juga bacanya.
    terus itu advertisement nya gimana yaa ga enak di liat coba d cek.cek yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kak semoga bermanfaat mungkin kekurangan tersebut akan jadi koreksi saya pribadi Salam Pemuda Indonesia !!!

      Delete
  64. gambar di artikelnya sebaiknya yang lebih sopan..masa itu gmbar orng pake bju renang ...yg lebih bagus gmbrnya kan bnyak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima Kasih Akan saya jadi kan koreksi dalam penulisan saya

      Delete
  65. Replies
    1. Thanks gan semoga bermanfaat thanks for visiting my blog!

      Delete
  66. Replies
    1. Terima kasih mas bro semoga bisa menjadi bahan motivasi bagi generasi muda bangsa Indonesia !

      Delete
  67. best article brother :) advertisementnya very full :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya semoga pemuda Indonesia tambah semangat untuk menggapai masa depan mereka !!!

      Delete
  68. Sesungguhnya pemuda adalah yang mengatakan, “Inilah aku". Dan bukanlah pemuda yang mengatakan, “Inilah bapakku”. Suksesi kepemimpinan bangsa haruslah kpd pemuda berilmu (ulul albab) yang berani karena benar dan konsiten dalam beriman. Ayo teruskan dalam berkarya (menulis) dan sukse selalu .....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas apresiasi yang di berikan semoga pemuda-pemuda Indonesia bisa menjadi Insan yang bermanfaat bagi Dunia!!!!

      Delete