Sunday 14 April 2013

Manfaat Super Buah Delima Bagi Tubuh Kita


 

SBBS- Buah delima memilki banyak sekali manfaat bagi tubuh manusia akan tetapi banyak manusia yang kurang mengetahui akan hal tersebut bahkan konon katanya buah delima juga dapat menurunkan beratbadan atau tumpukan lemak yang terkandung di tubuh manusia.

Buah delima atau dikenal dengan nama latin Punica Grantum,  adalah buah berbentuk bulat dengan biji berwarna merah. Buah delima ini merupakan buah asli Asia Tenggara yang menjadi populer di seluruh dunia karena memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh kita sehingga dapat mencegah dari penyakit-penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, kanker dan liver.

Buah yang ditemukan di daratan asia ini awalnya tumbuh liar dan mulai ditanam manusia pada tahun 4000 SM – 3000 SM.    Sepanjang sejarah, buah berwarna kaya dan lezat ini telah dihormati sebagai simbol kesehatan, kesuburan dan juga kelahiran kembaliBeberapa budaya juga percaya bahwa itu diadakan kekuatan untuk penyembuhan  yang  mendalam dan mistis. Yang lain memilih untuk menggunakannya dengan cara yang lebih praktis, sebagai pewarna dan dekorasi. Buah delima ini telah ada sejak dahulu yang telah dibudidayakan oleh suku-suku Asia yang mendiami sebelah utara Iran dan Turki. Buah Delima kini dibudidayakan di iklim hangat besar, di Amerika Utara di tanam secara komersial terutama dari california dan Arizona ke selatan yang memiliki keadaan iklim tropis.

Meskipun kebanyakan buah ini berwarna merah, tetapi ada juga yang berwarna kuning. Delima memiliki sekitar 750 spesies yang bisadi makan dan di jus. Buah ini juga dikenal sebagai buah super karena sarat akan nutrisi penting yang diperlukan tubuh seperti Vitamin A untuk kesehatan mata, Vitamin C untuk mencegah sariawan dan radang tenggorokan,Vitamin E untuk melindungi dari radikal bebas serta asam folat untuk membentuk sel-sel baru.Ini membuktikan bahwa kandungan yang ada dalam buah delima  ini pun sangat berguna bagi kesehatan manusia karena buah delima  yang kaya akan vitamin ini membuat badan kita lebih sehat, segar dan tentunya aman dari berbagai penyakit.

Sebuah penelitian di Spanyol mengatakan kandungan buahdelima dapat menurunkan lemak yang ada di tubuh kita yang berarti buah delima bisa untuk membantu menurunkan barat badan yang berlebihan. Responden yang mengkonsumsi sekitar 500 ml jus delima asli setiap hari selama 4 minggu menunjukkan level plasma NEFA (non-esterified fatty acid) yang rendah. Plasma ini ada hubungannya dengan penumpukan lemak perut yang ada di dalam tubuh.
Sebuah penelitian tentang delima yang menelan biaya hingga 2 juta Poundsterling diNegeri Matador ini juga menemukan, bahwa ekstrak delima bisa menstimulasi sintesa prokolagentipe I pada kulit, yang ampuh membantu perbaikan pada kulit. Tim di Probeletebiom laboratories di Murcia saat ini sedang menelitilebih lanjut mengenai kemampuan ekstrak delima untuk memperbaharui tampilan kulit muda. Ada kabar gembira buat Anda yang sedang dilanda stress karena berbagai macam faktor,di sebuah studi terpisah, tim dari Queen Margaret Study melaporkan, jus delima secara signifikan mampu mengurangi level stress yang dihitung lewat air liur. Para responden mengaku merasa antusias dan stresnya berkurang setelah mengkonsumsi jus buah delima.

Peluang Usaha

Peluang bisnis yang di hasilkan oleh buah delima ini pun cukup banyak. Diantaranya adalah Jus Delima yang harganya relatif tidak terlalu mahal dan tidak susah untuk mendapatkan buah ini. Selain kaya akan manfaat kulit dari buah ini pun bisa kita manfaatkan walaupun rasanya yang pahit akan tetapi buah ini bisa menghangatkan tubuh serta kulit dari buah delima ini pun berkhasiat untuk menghentikan pendarahan (hemostatis), peluruh cacing usus (vermifuga), anti diare dan antivirus.Kulit buahdan bunganya merupakan astringen yang kuat. Rebusan keduanya bisa menghentikan pendarahan. Sedangakan kulit kayu dan akar Delima mempunyai bau tanah dan rasa asam yang berkhasiat sebagai peluruh darah, vermifuga, cacingan. Sedangkan daunnya dapat digunakan sebagai peluruh haid. Biji Delima pun tidak bersifat beracun dan berkhasiat untuk meredam demam, antitoksit membersihkan paru-paru dan meredakan batuk serta biji buah delima juga efektif dalam mencegah kanker. Dan buah ini juga kaya akan phytochemical yang juga disebut sebagai polinefol (anthocyanin, quercetindan tanin), kandungan ini memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker.
Sebuah metode pengobatan dengan menggunakan buah delima pun sudah umum dilakukan di Mesir dan Vietnam pun. Mereka memanfaatkan kandungan dari  zat tanin yang dapat membius cacing gelang, cacing kremi dan cacing putra dalam usus, sehingga cacing-cacing ini pun dapat ikut keluar melalui feses saat buang air besar. Ini mungkin sebuah terobosan baru dalam dunia kedokteran dengan menggunakan buah delima sebagai solusi dalam menyembuhkan dan mengatasi berbagai penyakit tentunya.

Tips mengonsumsi buah delima

Ketika membeli buah delima, pilih yang beratdan tidak retak kulitnya. Bila disimpan di lemari es, buah ini dapat bertahan sampai 6 bulan. Akan tetapi lebih baik makan yang masig segar buahnya.

Untuk membuka delima, pertama Anda harus memotong mahkotanya, lalu iris kulitnya dari atas ke bawahpada tiga atau empat bagian.Buka kulit delima dengan jari-jari Anda dan ambil isi buahnya ke dalam mangkuk.

Baik daging maupun biji delima bisa dimakan. Biji delima adalah sumber serat dan nutrisi yang terbaik, jika Anda merasa nyaman memakannya. Banyak khasiat buah delima yangterdapat pada bijinya. Maka dari itu hampir seluruh bagian dari buah delima itu punya manfaat yang beraneka ragam dan sangat cocok bagi tubuh manusia. Bagi anda yang memiliki kegemaran membuat jus, jus delima pun bisa Anda nikmati kelezatan dan kenikmatannya secara langsung.


Manfaat utama buah delima

Manfaat buah delima yang paling utama adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh (Immune) dari serangan berbagai macam penyakit dan infeksi yang kapan saja bisa datang. Dengan kata lain buah delima ini pun dapat meperbanyak dan memperkuat sel darah putih yang ada di tubuh kita. Seiring dengan berlalunya waktu, ternyata semakin banyak orang yang menyadari bahwa pentingnya mengonsumsi buah delima. Selain manfaat buah delima di dalam bidang kesehatan Anda pun dapat memanfaatkan buah ini untuk sarana kecantikan yaitu dengan cara menunda proses penuaan seperti keriput pada kulit. Selain itu buah delima juga membantu wanita untuk mengatasi depresi, terutama pada waktu mereka memasuki masa menopause.

Pada sebuah studi penelitian telah mempublikasikan dalam Pediatric Research  bahwa meminum jus buah delima selama kehamilan membatu melindungi otak bayi yang baru lahir setelah kelahiran tarumatik. The Journal of Urology menyatakan bahwa kandungan yang ada pada buah delima dapat meyembuhkan masalah disfungsi ereksi. Dengan demikian banyak sekali manfaat yang dapat kita ambil dari buah delima yang kita tahu buah mungil nan lezat ini juga memiliki  nama populer yaitu Wild Pomegranat.(ALS)
 Daftar Pustaka:
Internet




0 komentar:

Post a Comment